Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah: “Sinergitas Kinerja Kepala Sekolah Kinerja Guru Pegawai Berkualitas”
Selasa, 28 Mei 2024 13:59 WIB
10 |
-
Yuernah, S.Pd.,Gr
Guru Bahasa Inggris
Wakil Kepala Sekolah Bid.Kurikulum SMA Negeri 1 Riau Silip
Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah:
“Sinergitas Kinerja Kepala Sekolah
Kinerja Guru Pegawai Berkualitas”
Sekolah merupakan tempat untuk siswa-siswi menuntut ilmu.
Sekolah sebagai wadah tempat pembelajaran untuk semua pihak baik siswa maupun guru.
Sekolah yang kondusif dan nyaman merupakan sekolah yang diidamkan oleh setiap orang. Yang
terus berkembang menjadi organisasi bagi guru, pegawai dan siswanya selalu berkolaborasi
untuk mencapai tujuan bersama lebih baik. Keterbukaan sistem informasi dan arus globalisasi
turut mendorong guru tersebut untuk dapat beradaptasi dan mengembangkan kompetensi sesuai
perkembangan zaman. Sehingga guru sudah tidak menjadi pusat pembelajaran akan tetapi
bagaimana guru tersebut dapat merepresentasikan pembelajaran ke dalam student centre dan
mengemasnya semenarik mungkin sehingga siswa-siswinya merasa nyaman dan menyenangkan
dalam pembelajaran di dalam maupun di luar kelas.
Oleh karena itu, sekolah dapat memberi kesempatan kepada guru tersebut untuk
mengembangkan kariernya. Semua itu tak terlepas untuk meningkatnya Kinerja Kepala Sekolah.
Kepribadian, suri tauladan Kepala Sekolah akan tertular bukan hanya rekan guru, pegawai
maupun bagi siswanya sendiri, tapi akan menyebar ke dalam lingkungan luar.
Menurut Hani Handoko (2011:123), pengembangan karier adalah peningkatanpeningkatan
pribadi yang dilakukan seseorang untuk mencapai suatu rencana karier. Menurut
Panggabean (2002:63), pengembangan karier didefinisikan sebagai semua usaha pribadi
karyawan yang ditujukan untuk melaksanakan rencana kariernya melalui pendidikan, pelatihan,
pencarian dan perolehan kerja, serta pengalaman kerja. Bila dilihat dari paparan di atas, jelas
sekali bahwa pengembangan karier yang dilakukan baik melalui pendidikan, pelatihan, maupun
pengalaman. Meningkatkan kemampuan organisasi untuk mendapatkan dan mempertahankan
guru dan pegawai yang berkualitas. Memberdayakan potensi seseorang dengan sepenuhnya,
meningkatkan nama baik organisasi Dan tak kalah lebih penting adalah meningkatkan rasa
tanggung jawab terhadap apa yang sudah diamanahkan akan meningkatkan kinerja seseorang
terutama kinerja Kepala Sekolah.
Diawali dengan perencanaan yang dilakukan baik oleh individu pegawai maupun oleh
organisasi berkenaan dengan karier pegawai terutama mengenai persiapan yang harus dipenuhi
seorang pegawai untuk mencapai tujuan bersama. Jika kinerja guru dan pegawai baik dan
berkualitas. Begitu pun dengan siswa-siswinya bertahan jumlah siswanya setiap rombongan
belajarnya tentu akan meningkatkan pula kinerja Kepala Sekolah.